Selasa, 17 Juni 2008

yang bisa kamu lakukan untuk alam mu

artikel ini dikutip dar www.peka-indonesia.org :

B
umi dan seluruh kehidupannya sedang dalam krisis. Setiap langkah mengurangi emisi adalah tindakan cerdas untuk mempertahankan kehidupan kita. Langkah-langkah perubahan untuk mencegah kenaikan suhu permukaan bumi, sangat bergantung pada kerja kolektif, keinginan politis dan langkah pribadi. Langkah yang bisa segera dilakukan sebagai pribadi adalah perubahan gaya hidup dan perilaku kita. Mari lakukan sejak sekarang..Berperanlah untuk menyelamatkan bumi kita.

Beberap hal yang bisa kita lakukan:

Ganti bola lampu. Kalau bola lampu yang digunakan masih sama dengan model keluaran tahun 1878, ganti segera. Bola lampu fosfor CLF yang berbentuk seperti es krim jauh lebih hemat energi, dapat menghemat 75% energi dengan daya hidup 10 kali lebih lama dibanding bola lampu fuoroscen.

Lakukan pengomposan.

Jangan menggunakan Styrofoam.
Jangan pernah lagi dengan alasan apapun untuk menggunakan styrofoam. Praktis, rapi atau dapat menjaga makanan tetap hangat, hanya membawa kehidupan kita berujung pada masalah. Singkirkan segera dari keseharian kita. Styrofoam terbuat dari bahan bakar fosil (3,2 gram untuk membuat satu cangkir kopi styrofoam) dan membutuhkan waktu lama untuk terurai.

Bawalah tas belanja pribadi yang dapat dipakai berulang kali. Pilih bahan yang tahan lama, seperti katun. Hindari tas plastik, yang membutuhkan waktu 1000 tahun agar dapat terurai. Sementara satu ton kantong dibuat dari sekitar 17 batang pohon dewasa.

Jangan buang sisa makanan dan sampah dapur. Cacing-cacing kecil dapat membantu mengubahnya menjadi pupuk organik yang baik bagi kebun kita. Proses pengomposan organik juga menghasilkan karbon dioksida, tetapi 23 kali lebih sedikit dibandingkan proses dekomposing di tempat pembuangan sampah umum.

Matikan semua peralatan listrik yang tidak digunakan, jangan biarkan dalam posisi stand by. Jika 1 juta rumah tangga melakukan hal ini, sekitar 150,000 ton karbon dioksida tidak terbuan sia-sia ke atmosfir.

Dukung sistem pertanian organik.
Pertanian organik merupakan sistem pertanian yang berpotensi untuk penyerapan karbon (carbon sinks). Penelitian terbaru menunjukkan 100,000 ribu pertanian organik akan menyerap keluaran karbon dioksida dari 12 juta mobil. Sementara pertanian berskala industri tidak sedikit pun menyerap karbon dioksida .

Beli produk lokal yang dihasilkan petani lokal. Selain emisi yang dikeluarkan dari transportasi lebih kecil, hal ini dapat mendukung ekonomi pedesaan, melindungi keanekaragaman hayati dan menjaga keberlanjutan bumi.

Tanamlah pohon dan berbagai bunga. Tanaman menyerap karbon dioksida melalui akar dan cabang-cabangnya. Tanaman bambu dapat lebih banyak menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen 35% lebih besar dari pohon lainnya.

Pilih jalan kaki atau sepeda untuk menempuh jarak dekat. Upayakan menggunakan angkutan publik untuk perjalanan yang lebih jauh.

Aktiflah untuk menyebarkan kesadaran tentang dampak perubahan iklim. Pastikan kepedulian ini juga didengar oleh para pembuat kebijakan. Gali dan cari informasi lebih banyak lagi. Karena lebih mudah mengubah sesuatu kalu kita benar-benar paham atas satu isu. Tandatangani petisi, dukung berbagai kegiatan untuk perubahan kebijakan dalam mengatasi masalah pemanasan global.

Mulailah, sekarang juga
Jadilah kreatif, buat perubahan
dengan komitmen yang kuat dan strategi yang cerdas
dari diri pribadi hingga mendesakkan aturan
nasional dan internasional yang berkeadilan
dalam mengatasi masalah perubahan iklim.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

ga kreatip.. nyontek dr situs orang

optimusprime mengatakan...

kamu "sakit" yah??

Feri Gunawan mengatakan...

iya gak kreatip. Uh!!!
:P

optimusprime mengatakan...

nyontek tp jujur ...kan dah diblg dr awal...wek.. :P